Babyloania Blog

December 11, 2016

0 Comments

Parenting ›


Tips Liburan dengan Anak

sewa mainan stroller anak

 

Hi Babyloania Moms! Kalau Anda berencana membawa si kecil berlibur, berikut tipsnya:
1. Siapkan waktu lebih. Jika Anda membuat jadwal bepergian, alokasikan waktu tambahan minimal setengah jam di setiap tempat untuk waktu mempersiapkan barang, menyusui atau ganti popok.
2. Siapkan tempat tujuan alternatif. Kalau Anda berencana ke tempat outdoor, siapkan Plan B kalau-kalau cuaca tidak memungkinkan.
3. Siapkan aktivitas di perjalanan. Siapkan beberapa aktivitas untuk dilakukan di kecil selama di perjalanan, seperti buku dan mainan.
4. Beri pijakan. Sedini mungkin, jelaskan bahwa Anda akan pergi berlibur. Jelaskan juga alat transportasi yang akan digunakan, apa yang akan Anda lihat, serta bagaimana kondisi cuacanya agar si kecil siap.

Untuk menyewa perlengkapan travel anak, klik di sini.

Selamat mempersiapkan liburan!

October 18, 2016

0 Comments

Parenting ›


Ruang Menyusui: Laki-laki Dilarang Masuk?

Yuk share bagaimana menurut Anda? Di tempat umum, banyak sekali "ruang menyusui" dengan tulisan "Laki-laki dilarang masuk". Sementara, sebenarnya di dalam ruangan tersebut tidak hanya ada ruang menyusui yang tertutup pintu atau tirai, namun juga ada ruang ganti popok dan toilet untuk anak.

Bagaimana dengan ayah yang ingin mengajak anaknya pergi berdua saja? Di manakah ia akan ganti popok anaknya? Kalau di Australia, nama untuk ruangan ini adalah "Family Room" di mana semua keluarga bisa masuk, dan di dalamnya ada ruang menyusui tertutup, seperti yang banyak kita temui di tempat umum di sini. Jadi ayah juga bisa mengganti popok dan membantu menyiapkan perlengkapan bayi.

Kita perlu mendukung sarana dan budaya ayah untuk bisa aktif ikut membantu mengurus anak, dan juga bisa quality time bersama anaknya. Selain meningkatkan hubungan dengan anak, sang ibu juga bisa me-time.

Jadi bagaimana pendapatmu? Setujukah dengan larangan tersebut untuk ruangan nursery yang didalamnya ada ruang menyusui tertutup? Yuk komen di bawah ini.

Kegiatan Si Kecil Dalam Perjalanan

Setelah hari raya, Anda mungkin akan kembali dari mudik. Perjalanan ini pasti menyenangkan setelah bertemu keluarga di kampung halaman namun juga bisa melelahkan. Terlebih lagi rasa bosan mungkin muncul pada si kecil untuk perjalanan yang panjang. Berikut ini adalah beberapa ide aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama si kecil agar mudik terasa menyenangkan:
  1. Menulis dan menghapus. Anda dapat menggunakan papan tulis kecil yang dapat ditulis dan dihapus. Anda dapat bermain tebak gambar, tebak huruf, atau membiarkan si kecil berimajinasi dan menggambar sendiri.
  2. Menggambar dan mewarnai. Anda dapat membawa beberapa crayon atau spidol warna warni dan membiarkan si kecil menggambar atau mewarnai lembar kertas.
  3. Bercerita tentang objek yang dilihat di jalan. Ambil keuntungan dari pemandangan yang Anda lihat di jalan dan mulailah bercerita. Atau Anda bisa juga melakukan tebak objek yang dilihat dalam perjalanan bersama si kecil.
  4. Buku cerita favorit si kecil jangan sampai tertinggal! Anda bisa menceritakannya saat si kecil mengantuk sebagai pengantar tidur.
  5. Makanan ringan dan cemilan favorit si kecil pasti sangat membantu menghapus kebosanan.
  6. Bernyanyi bersama juga bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan! Anda bisa bermain tebak lagu atau sekedar bernyanyi bersama semua lagu yang si kecil sukai.
  7. Yang tidak kalah penting adalah mainan favorit si kecil. Meskipun sudah sering dimainkan, jangan lupa tetap dibawa dalam perjalanan.
Semoga perjalanan Anda ini lancar dan menyenangkan ya.

Mudik Seru Bersama Si Kecil

Lebaran sudah hampir di depan mata. Mungkin Anda sekeluarga sudah mempersiapkan diri untuk mudik ke kampung halaman. Bisa jadi ini adalah mudik pertama si kecil. Berikut ini adalah tips mudik seru bersama si kecil:
  1. Berikan informasi dan jaga ekspektasi si kecil. Sebelum mulai perjalanan, ada baiknya kita menceritakan tentang rencana mudik kepada si kecil. Tujuan, dengan kendaraan apa, kapan berangkat, serta durasi perjalanan. Hal ini akan membantu mempersiapkan mental si kecil.
  2. Beritahu si kecil tentang orang-orang yang akan ditemui saat mudik. Ceritakan tentang kakek nenek atau saudara-saudara di kampung halaman.
  3. Siapkan perlengkapan si kecil dengan seksama. Anda yang paling tahu apa saja yang dibutuhkan dalam perjalanan. Misalnya mainan atau buku kesayangan, obat-obatan, snack, atau makanan. Usahakan jangan membawa terlalu banyak barang.
  4. Berbagi pengetahuan atau bercerita. Selama perjalanan, Anda dan si kecil bisa bercerita apapun yang Anda lihat. Misalnya jika Anda pergi dengan mobil, Anda bisa membahas tentang pohon dan burung atau jika Anda pergi dengan pesawat Anda bisa membahas tentang awan.
  5. Kerjasama dan kompak dengan suami. Bagi tugas dengan suami dan rileks. Hal ini akan membantu mengurangi ketegangan atau stress. Buat perjalanan ini senyaman dan sefleksibel mungkin hingga menyenangkan.
Semoga mudik Anda sekeluarga tahun ini lancar dan aman. Selamat menikmati perjalanan bersama si kecil! 😊

No Nanny No Cry

Menjelang Lebaran, mungkin orang yang membantu Anda di rumah sudah mudik dan Anda akan menghadapi keadaan mengurus rumah plus si kecil tanpa bantuan. Jangan khawatir! Berikut ini adalah tips "survive" tanpa bantuan baik menjelang Lebaran atau jika Anda berencana begini seterusnya:

  1. Kelompokkan kegiatan yang dapat dilakukan saat si kecil bangun. Sambil ia bermain misalnya Anda bisa mencuci piring, melipat pakaian, mencuci baju dengan mesin, menjemur, dan sebagainya.
  2. Selain itu, ada juga kegiatan yang dapat dilakukan bersama si kecil. Misalnya, menyiapkan makanan atau alat makan bersama jika si kecil sudah mampu, membereskan mainan setelah selesai bermain, dan lain-lain. Anda juga bisa berbelanja bersama si kecil lho.
  3. Anda juga harus mengelompokkan kegiatan yang hanya dapat dilakukan saat si kecil tidur misalnya menyetrika baju, mengepel, atau memasak yang memang tidak bisa bersama si kecil.
  4. Bagi tugas dengan suami, jika semua dijalankan bersama-sama pasti akan terasa lebih ringan. Misalnya Anda bergantian dengan suami untuk memandikan si kecil atau mencuci piring.
  5. Biasakan menyimpan barang langsung pada tempatnya dan menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas. Hal ini akan menghindari Anda kerja 2x.
Tanpa bantuan, Anda akan lebih dekat dengan si kecil dan manfaatnya si kecil akan lebih terbiasa mengerjakan pekerjaan sendiri dan saling membantu. Selamat menikmati waktu bersama si kecil. :)

Tips Mengisi Waktu Saat Menunggu Berbuka Puasa Bersama Si Kecil

Hi Babyloania Moms! Sambil menunggu saatnya berbuka puasa bagi yang menjalankan, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan bersama si kecil:
  1. Belajar mengaji. Anda bisa mulai membacakan surat pendek kepada si kecil sejak dini, hal ini bermanfaat untuk memberikan informasi awal tentang doa-doa dan si kecil akan lebih mudah memahami atau menghafalkannya
  2. Membuat dan menyiapkan hidangan berbuka bersama. Apakah itu tajil berupa makanan ringan atau makanan utama, pasti seru mengajak si kecil terlibat dalam persiapan ini.
  3. Bermain atau menjalankan hobby. Anda bisa jalan-jalan sore di sekitar rumah atau bermain mainan yang disukai si kecil. Anda juga bisa bermain sensory, dan dapat menyewa Sensory Box di babyloania.com 😊
Tak hanya mengisi waktu, kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan manfaat secara langsung bagi si kecil. Selamat berbuka puasa! #babyloaniatips

Tips Mempersiapkan Liburan Bersama Si Kecil

Si kecil mungkin sudah pandai berceloteh dan mulai bisa diajak berkomunikasi. Walau belum paham sepenuhnya, mengapa tidak kita libatkan si kecil dalam persiapan liburan? Pasti akan menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Menentukan tujuan liburan. Anda dapat memberikannya pilihan dengan menunjukkan tempat-tempat destinasi wisata untuk keluarga.
  2. Menentukan waktu liburan. Beri tahu pada si kecil kapan Anda akan libur dan berangkat liburan bersama. Tetap konsisten memberitahunya seperti: 2 minggu lagi, 1 minggu lagi, dst.
  3. Memilih transportasi untuk liburan. Anda bisa bersama si kecil bercerita tentang bagaimana Anda akan mencapai tempat tujuan liburan. Si kecil tentu akan senang mempelajari berbagai macam mode transportasi.
  4. Memilih barang bawaan. Tanyakan kepada si kecil barang apa yang ia ingin bawa. Hal ini berguna untuk mengajarkan rasa tanggung jawab pada dirinya.

Selamat mempersiapkan liburan seru bersama si kecil! :)

1 2 3 4 Next »