Babyloania Blog

Babyloania Playdate di Peluncuran Buku Kejora

Hari Sabtu, 30 Juli 2016 Babyloania kembali hadir bersama Sensory Box dalam acara peluncuran buku dari Kejora Indonesia. Kejora (Kesehatan untuk Junior Indonesia) merupakan suatu komunitas yang fokus pada kesehatan anak melalui buku cerita interaktif. Kejora meluncurkan dua buah buku mengenai pentingnya menjaga kebersihan gigi dan pengalaman pergi ke dokter gigi. Selain acara talkshow dan games dari Kejora, ada pula playdate dari Babyloania untuk anak-anak yang turut datang ke acara ini.

MENAMBAL GIGI DENGAN PLAY DOUGH

Kegiatan playdate pertama dalam acara ini adalah menambal gigi dengan play dough. Anak-anak diberikan dus telur yang dibuat menyerupai gigi berlubang. Lalu mereka diminta untuk menambal lubang-lubang gigi tersebut dengan menggunakan homemade play dough yang berwarna-warni. Play dough ini tentu saja aman untuk dimainkan oleh anak-anak karena terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, garam halus, air, minyak sayur, dan pewarna makanan. Anak-anak terlihat asyik sekali mengeksplorasi tekstur, meremas dan memotong play dough untuk menambal lubang gigi dari dus telur tersebut.

CLOUD DOUGH dan OOBLECK

Untuk kegiatan kedua, Tim Babyloania menyediakan cloud dough yang berwarna warni untuk dimainkan oleh anak-anak. Di dalam cloud dough tersebut telah disediakan beberapa macam benda yang berhubungan dengan gigi, seperti replika gigi, sikat dan cermin gigi. Anak-anak kemudian diminta untuk menemukan benda-benda tersebut. Selanjutnya, tim Babyloania menuangkan air ke cloud dough untuk membuat oobleck! Anak-anak senang sekali melihat perubahan tekstur dari cloud dough yang padat ke oobleck yang cair. Mereka pun kembali asyik bermain dengan oobleck.

Setelah acara playdate berakhir, tim Babyloania mengajak anak-anak untuk ikut serta membersihkan dan merapikan mainan-mainan yang telah mereka mainkan. Anak-anak membantu mengelompokkan gelas, mangkok dan alat-alat lainnya ke dalam box dengan rapi. Mereka juga ikut membantu menuangkan oobleck ke dalam kantong sampah. Ternyata mereka senang bisa ikut kegiatan bersih-bersih! :D

Demikian acara playdate Babyloania di dalam acara peluncuran buku dari Kejora pun berakhir. Anak-anak boleh membawa homemade play dough dan juga cloud dough yang tersisa agar mereka bisa memainkannya kembali di rumah masing-masing.

Sampai jumpa di playdate Babyloania selanjutnya! 

Babyloania Playdate at Googaga Funland: 30-31 Januari 2016

Menyambut tahun 2016, dengan senang hati kami melaksanakan kembali Babyloania Playdate! Tanggal 30 dan 31 Januari 2016 lalu, Babyloania ikut berpartisipasi dalam acara Googaga Funland dengan mengadakan Babyloania’s Messy Play di Rooftop, LaCodefin Kemang. Kami namakan kegiatan Babyloania Playdate ini Messy Play, karena akan bermain 'kotor-kotoran' :D

Dalam Babyloania Playdate ini, Babyloania bersama para Amazing Mamas dan anak mereka bermain sensory play bersama, yang disponsori oleh Sensory Box.

Dalam kesempatan kali ini, para Amazing Mamas dan anak-anak bermain tiga kegiatan, yaitu:

1. Rescue the animals, yaitu menyelamatkan hewan yang terperangkap dalam jelly;
2. Cloud Dough, yaitu bermain pasir terbuat dari tepung maizena; dan
3. Oobleck, yaitu lendir dengan tekstur yang sangat menarik.

Rescue the Animals

Cloud Dough

Anak – anak yang ikut dalam Babyloania Playdate kali ini berusia antara 6 bulan sampai 3 tahun (dan didampingi oleh orang tua mereka tentunya!). Mereka asyik sekali bereksplorasi dan menyelamatkan hewan dari jelly, menuang Cloud Dough dari satu wadah ke wadah lainnya menggunakan sendok atau sekop, dan tidak lupa bersenang-senang dengan oobleck - bahkan ada yang sampai masuk ke dalam box dan “berendam” oobleck! :D

Walaupun baju dan badan mereka kotor karena terkena tepung dan oobleck, namun semua anak yang turut serta dalam Babyloania’s Messy Play terlihat menikmati dan senang sekali

Selain Messy Play, Babyloania juga memiliki Playround tersendiri di acara Googaga Funland kemarin. Di situ anak-anak dapat membaca banyak sekali buku dari Pustaka Lana. Mereka juga bisa bermain dengan Tippee Tent dari AdorAlby, serta bermain perosotan dan rumah-

Jika Mamas belum bisa berpartisipasi dalam event Babyloania’s Messy Play di Googaga Funland kemarin, Mamas bisa menyewa Sensory Box di Babyloania.com. Jadi anak-anak juga bisa bermain sensory play di rumah dengan mudah. Woohoo! 

Seminar "Is Stranger Danger?" Cara Mengajarkan Anak Menghadapi Orang yang Tak Dikenal

Baca selengkapnya liputan mengenai seminar "Is Stranger Danger? Cara Mengajarkan Anak Menghadapi Orang yang Tak Dikenal di Blog Babyloania!

Continue Reading >

Babyloania Playdate with Productive Mamas

Di acara Gummy Box Playdate bulan lalu, Babyloania dan Productive Mamas (PM) Team berkenalan dengan beberapa amazing mamas yang tertarik untuk mengikuti sensory playdate Babyloania dan PM.

Kami pun mengundang delapan ibu dan sebelas anak berusia 8 bulan sampai 3 tahun untuk bermain dan berbuka puasa bersama di rumah Fira (Babyloania). Nesya (PM) langsung melakukan riset untuk membuat rencana kegiatan sensory playdate tersebut, kali ini dengan tema baking soda.

Pertama, kami membuat Frozen Baking Soda Dough, yang cara membuatnya dapat Anda lihat di sini. Saat masih beku, anak-anak mencoba menghancurkannya dengan tangan dan berbagai macam alat lainnya. Kegiatan ini cukup melatih kesabaran mereka. Asiya (3 th), dengan bantuan bunda, menghancurkannya dengan kedua tangan dan kemudian senang melihat tangannya yang menjadi berwarna ungu. Raya pun demikian, saat mulai main ia meminta bunda untuk duduk bersamanya dan bermain bersama.

 

Setelah hancur, anak-anak pun mengeksplorasi tekstur dan warnanya. Adam (2 th) pun berimajinasi memasukkannya ke dalam gelas kemudian berpura-pura meminumnya. Peserta terkecil kami, Aisyah (8 bln), menumpahkan dough dari kotak plastik ke atas kain blacu lalu meremas-remasnya. Kegiatan pertama ini ternyata membuat anak-anak yang berusia 8-1.5 tahun sangat fokus. Alaia dan Bara bahkan memainkannya hingga hampir satu jam! Sementara, anak-anak yang lebih besar sudah tidak sabar untuk lanjut ke kegiatan berikutnya.

Untuk kegiatan kedua, kami membuat baking soda paint. Di kegiatan ini, Nala, Adam dan Dio langsung sibuk melukis dengan kuas di atas kain blacu. Bahkan Dio melukis di atas tangannya! Kalau Alaia (1 th) lebih tertarik untuk memasukkan jarinya ke dalam wadah cat dan kemudian finger painting di atas kain blacu.

Setelah kegiatan kedua, anak-anak sempat bermain di luar dan berlari-lari. Waktu maghrib telah tiba dan kami pun beristirahat sejenak dan berbuka puasa bersama. Anak-anak pun senang sekali disuguhkan Heavenly Blush amazing Yo! Yoghurt for Kids.

 

Untuk kegiatan terakhir, kami membuat Erupting Baking Soda Science Experiment. Anak-anak yang lebih besar, Dio, Rania dan Inaaya langsung berkumpul untuk melihat Nesya meneteskan cuka ke dalam botol berisi baking soda, dan senang sekali melihat reaksi buih yang ditimbulkan. Mereka meminta Nesya untuk melakukannya berulang kali.

Tak terasa, waktu sudah semakin malam, dan playdate kami pun selesai. Babyloania dan Productive Mamas mengucapkan terima kasih banyak kepada Dewinta, Putri, Firda, Ninta, Cindy, Astrid, Talitha dan Dela dan tentunya para anak-anak atas kehadirannya. We hope you had fun! :)

July 13, 2015

0 Comments

Events ›


Gummy Box Playdate

Photo Credit: Productive Mamas

Tanggal 11 Juni 2015 lalu, Babyloania Team dan anak-anak kami diundang untuk datang ke acara launching suatu produk bernama Gummy Box.

Sesampainya di sana, terdapat dua ruangan dengan tema yang berbeda, yaitu underwater world dan construction site dengan kegiatan yang berbeda pula yang dilengkapi dengan dekorasi yang sangat menarik.

Photo Credit: Productive Mamas

Photo Credit: Productive Mamas

Di ruangan underwater world, terdapat beberapa meja yang dilengkapi oleh kertas menggambar, serta peralatan untuk membuat stensil dengan tema hewan laut. Sementara, di ruangan construction site, anak-anak diajak untuk membuat bangunan dengan menggunting dan menempel kertas. Lucu sekali melihat anak-anak di ruangan construction site membuat bangunan dengan memakai topi kuning dan rompi oranye. Karena anak-anak Babyloania Team masih berusia sekitar 1 tahun sementara kegiatan di ruangan construction site ditujukan untuk anak-anak yang telah berusia 4 tahun ke atas, mereka lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan stensil dan melukis, dan fokus lama sekali sampai belepotan cat!

Photo Credit: Productive Mamas

Photo Credit: Productive Mamas
Gummy Box adalah suatu kotak berisi tiga kegiatan arts and crafts yang edukatif dan melatih imajinasi dan kreativitas anak Anda. Jika Anda berlangganan, setiap bulan Gummy Box akan mengirim satu box dengan tema rahasia yang berbeda-beda. Seru ya! Kunjungi website Gummy Box untuk berlangganan atau mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk tersebut.