Seminar "Is Stranger Danger?" Cara Mengajarkan Anak Menghadapi Orang yang Tak Dikenal

photo credit: Tiga Generasi

Tanggal 3 September 2015 kemarin, kami datang ke seminar "Is Stranger Danger?" yang diadakan oleh Tiga Generasi dan dibawakan oleh Mbak Anna Surti Ariani, Psi., Psikolog Anak dan Keluarga.

Banyak sekali informasi bermanfaat yang didapatkan dari seminar ini. Pasti sebagai orangtua, kita seringkali khawatir membawa anak ke tempat ramai, atau jika anak sedang tidak dalam pengawasan kita. Mbak Anna menjelaskan pentingnya untuk membekali anak dengan informasi dan skill dalam menghadapi orang yang tidak dikenal sedini mungkin. Berikut adalah tabel informasi yang harus diajarkan kepada anak sesuai usianya.

Penting juga untuk tidak mengajarkan anak "don't talk to strangers", karena ketika ia terpisah dari orangtua, ia akan ragu untuk meminta tolong dengan orang lain. Ajari anak untuk mengenal ciri-ciri satpam atau security, dan jelaskan bahwa si kecil dapat mendatangi orang tersebut untuk meminta tolong.

Selain itu, beritahu ia ciri-ciri perilaku orang yang harus membuatnya waspada, seperti berikut:.

 

Perlu juga diingat, kita sebaiknya tidak mengkategorikan orang jahat dengan ciri-ciri penampilan tertentu, misalnya bajunya lusuh atau jenggotan, agar anak tetap waspada terhadap semua orang tak dikenal.

Semoga informasinya berguna ya, Amazing Parents! ❤ 

 


Zhafira Loebis
Zhafira Loebis

Author



Leave a comment