Cara Mudah untuk Mengembangkan Potensi Otak Anak

 

Berdasarkan studi Harvard, ternyata ada cara mudah untuk mengembangkan potensi otak bayi Anda, yang tidak membutuhkan banyak waktu, usaha maupun biaya. Cara tersebut adalah dengan menanggapi setiap omongan, tangisan atau perbuatannya! 

Hal sederhana seperti mengajak berbicara atau memberikan sentuhan dan pelukan, akan menciptakan dan menguatkan koneksi saraf antar bagian dalam otak bayi. Sistem syaraf otak yang baik akan mendukung pengembangan kemampuan baik emosional maupun kognitif.

Berikut adalah contoh pentingnya tanggapan yang Anda berikan sejak dini sebagai dasar pengembangan otak bayi Anda:

  • Ketika bayi Anda sedang melihat sebuah objek, misalkan sebuah singa, sebutkan jenis binatang tersebut. Otak bayi Anda akan menciptakan hubungan antara apa yang ia lihat dan suara yang ia dengar.
  • Dalam tahap selanjutnya, Anda dapat menunjukkan bahwa objek dan suara yang sudah terekam dalam otak bayi Anda tersebut dapat dikaitkan dengan garis-garis di kertas dalam bentuk tulisan.
  • Setelah mulai terbiasa, anak Anda akan belajar bagaimana membaca dan mengartikan tulisan tersebut, serta kemudian belajar untuk menuliskannya.

Setiap tahap pengembangan dibangun dari tahap sebelumnya. Dengan memberikan tanggapan pada tahap awal, anak Anda akan dapat memaksimalkan potensi otaknya untuk menguasai kemampuan yang lebih kompleks di masa mendatang.

 

Diintisari dari: Center on the Developing Child, Harvard University


Team Babyloania
Team Babyloania

Author



Leave a comment