Babyloania Blog

Tahapan Bermain Anak dan Mainan-Mainan Yang Sesuai

0-3 Bulan

Selamat datang di dunia, wahai anakku! Bayi baru lahir belum dapat melihat dengan jelas dan sangat mengandalkan kerja telinganya untuk menangkap suara dan ucapan-ucapan dari orang tuanya. Jarak penglihatan bayi baru sekitar 20 cm dan bayi di tahapan usia ini belum bisa berguling. Namun bukan berarti bayi belum bisa bermain, lho! Mainan-mainan dengan warna-warni dasar (merah, biru, kuning) dan motif besar, serta suara-suara yang lembut bisa merangsang pertumbuhan indra penglihatan dan pendengaran anak.

Letakkan anak di baby gym ketika anak sedang “alert” dan perutnya dalam keadaan kenyang. Tidak perlu lama-lama; hanya sekitar 5-10 menit per kali main, tiga kali sehari. Pastikan kondisi bermain aman dan nyaman untuk bayi.

Pilihan mainan yang sesuai untuk anak di tahapan ini:

3-6 Bulan

Ah senangnya, si bayi sekarang mulai banyak tersenyum dan belajar berguling! Di usia ini, bayi mulai bisa berguling dan mengangkat kepalanya. Bayi mulai awas akan lingkungan sekitarnya karena indra penglihatannya mulai matang. Ia sudah bisa mengenali orang-orang yang biasa dilihatnya. Tangannya pun sudah mulai dapat menggenggam benda-benda yang ada di sekitarnya. Mendekati usia 6 bulan, anak sudah bisa mengoper mainan dari satu tangan ke tangan lain dan memasukkannya ke mulut (fase oral). Kita harus pastikan bahwa mainan yang dipegang anak aman, sesuai usia, tidak dapat ditelan, dan yang terpenting: bersih!

Bayi masih dapat bermain di baby gym untuk melatih fine motor skill dengan koordinasi mata dan tangan, serta belajar berguling! Bayi juga sudah bisa diperkenalkan dengan jenis-jenis soft toys atau teething toys. Pastikan bayi senantiasa dalam pantauan orang dewasa pada saat bermain, ya.

Pilihan mainan yang sesuai untuk anak di tahapan ini:

6-9 Bulan

Horeee, waktunya kamu belajar duduk dan makan! Di usia 6 bulan, anak mulai menunjukkan kemampuan untuk duduk dengan bantuan. Seiring dengan berkembangnya kemampuan tersebut, anak mulai menunjukkan ketertarikan dengan buku dengan gambar-gambar yang menarik. Otot-otot kakinya pun mulai menguat, bersiap untuk belajar berdiri dan berjalan. Activity station atau jumperoo yang dilengkapi dengan mainan-mainan dan suara-suara yang menarik bisa menjadi pilihan untuk menstimulasi tidak hanya berbagai indra mereka, namun juga kemampuan motorik halus dan kasar.

Sekitar usia 8-9 bulan, anak mulai mengenal object permanence; bahwa suatu barang jika tidak terlihat, bukan berarti barang tersebut hilang atau tidak ada. Bermain cilukba, biarpun sederhana, bisa membantu merangsang kemampuan tersebut. Kita harus tetap pastikan semua mainan yang digunakan dalam keadaan bersih dan aman.

Pilihan mainan yang sesuai untuk anak di tahapan ini:

 

9-12 Bulan

Waktu terasa berjalan begitu cepat, anakku sudah belajar berdiri saja! Di usia 9 bulan, anak mulai bisa mengangkat tubuhnya untuk berdiri sambil berpegangan pada sesuatu. Pastikan tempat bermain anak dalam kondisi yang sangat aman dan child-proof; tidak ada taplak atau barang yang bisa jatuh menimpa anak, sudut-sudut furniture tidak tajam, dan stop kontak ditutup serta kabel-kabel listrik dijauhkan dari jangkauan.

Perlu kita ingat juga untuk senantiasa berbicara dengan anak selayaknya kita bicara dengan orang dewasa, tanpa baby talk dan dengan struktur kalimat serta pengucapan yang baik. Di fase ini, rasa penasaran anak semakin besar dan anak mulai mengerti konsep sebab-akibat. Sensory play juga bisa menjadi pilihan bermain yang cocok untuk anak di fase usia ini. Pastikan semua mainan aman dan menunjang untuk anak senantiasa belajar konsep-konsep dasar dalam hidupnya.

Pilihan mainan yang sesuai untuk anak di tahapan ini:

 

12-18 Bulan

Selamat ya nak, kamu sekarang bukan bayi lagi! Memasuki usia toddler, anak semakin menguasai kemampuan berjalan walau pun masih belum stabil dan “ajeg.” Dengan memberikan mainan baby walker yang sesuai dan aman, kita bisa mengajak anak untuk mengasah kemampuan tersebut dengan cara yang menyenangkan. Pastikan kita selalu menemani ketika anak bermain dengan baby walker, ya.

Di usia ini, kemampuan bicara anak pun berkembang dengan pesat. Ajak anak untuk membaca buku yang sesuai usianya kapan pun dan di mana pun. Kembangkan kecintaan anak akan buku sedini mungkin. Ketika anak sibuk bermain, kita bisa menemani sambil membacakan cerita dari buku atau bahkan bernyanyi! Nyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan tema yang sedang dimainkan anak sehingga anak bisa belajar korelasi.

Banyak sekali kegiatan bermain yang sudah bisa kita perkenalkan pada anak di usia ini, seperti bermain sensory play dengan pasir dan air, dan bahkan bermain peran! Mainan-mainan penunjang seperti boneka, mobil-mobilan, dan miniatur binatang sudah bisa diperkenalkan. Pastikan aktivitas main selalu dengan pendampingan dan alat main yang digunakan aman.

Pilihan mainan yang sesuai untuk anak di tahapan ini:

18-24 Bulan

Semakin besar, semakin percaya diri! Kemampuan berjalan sudah stabil dan anak mulai meng-eksplor kemampuan lain seperti meloncat, berjalan menyamping, berjalan mundur, dan berlari. Anak juga sudah mulai bisa memanjat dan menendang bola. Atur ruang main dan lingkungan sedemikian rupa sehingga bisa mengakomodasi kegiatan anak.

Motorik halus yang mulai terbentuk memungkinkan anak untuk mengambil sesuatu menggunakan jari-jarinya. Anak juga mulai bisa mengklasifisikan barang dan mencocokkan bentuk-bentuk. Mainan mencocokkan bentuk (misalnya bentuk kotak dengan lubang kotak) dapat merangsang kemampuan spasial pada anak. Jangan lupa untuk selalu “mem-bahasa-kan” kegiatan yang sedang dilakukan anak dengan struktur kalimat yang baik.

Di usia ini, anak mulai dapat berpikir simbolis dan representatif sehingga sudah bisa diperkenalkan dengan bermain peran dan berpura-pura. Kita bisa memulai dari berpura-pura memasak, memakan hasil masakannya, mandi, dan tidur. Mulai rangkai cerita yang sederhana dan lakukan main peran berdasarkan pengalaman sehari-hari anak.

Pilihan mainan yang sesuai untuk anak di tahapan ini:

Bermain yang berkualitas dan sesuai dengan tahapannya dapat memberikan stimulasi yang dibutuhkan oleh otak anak. 

So, selamat bermain bersama anak dan nikmati quality time Anda bersama mereka! :)

Tips Memilih Car Seat Untuk Bayi dan Anak

sewa car seat

Hi Babyloania Moms!

Yuk, pilih car seat yang tepat untuk si kecil dan biasakan si kecil selalu duduk di car seat selama perjalanan. Safety comes first!  Berikut tips memilih car seat yang tepat untuk anak Anda:

1. Infant car seat.

Anak di bawah 1 tahun dapat menggunakan rear facing child seat. Kursi jenis ini dianjurkan untuk digunakan sampai berat 13 kg atau sekitar 1 tahun.

Sewa infant car seat di Babyloania. Klik di sini.

2. Toddler car seat

Kursi jenis ini digunakan untuk anak usia 1-5 tahun dan dapat menghadap ke depan. 

Sewa infant car seat di Babyloania. Klik di sini.

3. Booster seat.

Anak yang lebih besar dapat menggunakan kursi ini sampai ia bisa menggunakan seat belt sendiri, biasanya usia 4-11 tahun.

4. Seat belt.

Jika anak sudah dapat menggunakan seatbelt dengan benar, tidak diperlukan lagi kursi pengaman. Biasanya setelah usia 11 tahun.

Dalam membeli car seat juga perlu diperhatikan berat badan maksimum anak bagi car seat tersebut ya!

 

Kenapa Harus Beli, Jika Bisa Sewa Box Bayi dari Cotonnier?

Hi Babyloania Moms!

Saya Gita, Marketing Manager Babyloania. Saya ingin sedikit berbagi pengalaman ketika saya mengandung anak pertama saya, Luqman, di tahun 2012. Saya harus merogoh kocek senilai Rp20juta untuk mengisi kamar bayi dengan seperangkat boks bayi, lemari baju, dan baby tafel yang dibuat dari bahan kayu yang bermutu. Penyewaan barang bayi di saat itu belum banyak, apalagi yang menyewakan barang-barang dengan kualitas berkelas seperti Babyloania.

Fast forward to 2017, boks bayi tersebut sudah tidak pernah digunakan sama sekali selain untuk tempat melipat baju-baju anak yang baru disetrika. Karena dibuat dari bahan kayu jadi memang strukturnya masih kuat, namun cat duco-nya mulai menguning dan mengelupas sana-sini. Setelah bergabung di Babyloania, saya hanya bisa menghela nafas penyesalan melihat beragamnya barang yang bisa disewa, dari boks bayi yang bisa menjadi co-sleeper sampai bouncer bayi dengan fungsi dan bentuk yang mutakhir.

Tahun ini, Babyloania mendapat kesempatan untuk berkolaborasi dengan Cotonnier untuk menghadirkan tempat tidur bayi dari bahan kayu yang kuat dengan desain klasik dan berkelas yang tak lekang dimakan waktu. Saya ingat setiap kali melewati Cotonnier, saya sering melihat-lihat furnitur mereka karena super naksir dengan desain dan warna-warna produk mereka yang menarik. Namun apa daya, harga masih di luar budget.

Saya senang sekali karena sekarang, customer Babyloania bisa menyewa crib cantik Cotonnier beserta kelambu dan bedding set-nya di sini:

sewa box bayi
sewa tempat tidur bayi

 

Why Cotonnier?

  1. Bahan kayu dan cat pilihan yang sangat aman untuk bayi karena dibuat mengikuti standar keamanan yang ketat.
  2. Terbuat dari kombinasi mahogany solid wood dan plywood yang berat dan kokoh.
  3. Jarak antar jeruji hanya 6 cm sehingga tidak dapat dilewati kepala bayi.
  4. Tidak terdapat tiang sudut yang dapat menyebabkan pakaian anak tersangkut sehingga menghindarkan risiko bayi tercekik.
  5. Sistem kunci pagar yang tidak mudah untuk dibuka oleh anak kecil
  6. Dua posisi ketinggian matras yang dapat disesuaikan dengan usia bayi.
  7. Pilihan desain yang classic dan classy untuk kamar anak yang bergaya.
  8. Dilengkapi dengan kelambu, baby bumper serta bedding set (seprai dan bed skirt) yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.
  9. Matras latex yang berkualitas dan nyaman untuk bayi dari lahir.
  10. Brand terpercaya yang sudah bertahun-tahun mendesain boks bayi untuk deretan customer papan atas.

Hindari kesalahan saya membeli boks bayi yang penggunaannya sangat singkat namun harganya sungguh spektakuler. Sewa hanya di Babyloania dan hemat hingga puluhan juta, namun tetap bisa mendapatkan nursery yang nyaman untuk mommy and baby, serta pastinya… instagrammable! ;)

Babyloania Review: Stroller untuk Traveling

Choose Your Own Travel Stroller!

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan customer kami adalah stroller apa yang bisa dibawa untuk traveling. Kami mengumpulkan data dari travel stroller yang ada di koleksi kami sehingga Anda lebih mudah untuk memutuskan stroller apa yang paling nyaman dan sesuai kebutuhan anak Anda. Perlu dipertimbangkan juga keadaan dan jenis medan di destinasi tujuan serta apa transportasi yang akan digunakan.


Koleksi lengkapnya bisa dilihat di sini.


Happy traveling!


1. Babyzen Yoyo 0+

  • Berat stroller: 6 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 0 bulan
  • Berat anak: Sampai 15 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Ya
  • Jenis stroller: Compact Stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Cukup mudah (perlu latihan sebelum travelling)
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Ya
  • Fitur tambahan: Ada rain cover by request, kursi khusus infant bisa disewa sendiri (tanpa body stroller)
Sewa stroller Babyzen Yoyo 0+ di sini.

 

2. Babyzen Yoyo 6+

  • Berat stroller: 6 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 15 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Ya
  • Jenis stroller: Compact Stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Cukup mudah (perlu latihan sebelum travelling)
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Ya
  • Fitur tambahan: Ada rain cover by request

 Sewa stroller Babyzen Yoyo 6+ di sini.


3. Babyzen Yoyo+ 6+

Fitur sama persis dengan Babyzen Yoyo 6+ dengan perbedaan di:

  • Keranjang bawah yang lebih besar
  • Berat anak: Sampai 18 kg
  • Bisa digunakan bersama dengan carseat Maxi-Cosi dengan menggunakan adaptor

 Sewa stroller Babyzen Yoyo+ 6+ di sini.


4. Silver Cross Fizz 

  • Berat stroller: 5 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 15 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Umbrella stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Tidak
  • Fitur tambahan: -

Sewa stroller Silver Cross Fizz di sini


5. Silver Cross Pop

  • Berat stroller: 7.2 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 25 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Umbrella stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Tidak
  • Fitur tambahan: Kanopi tahan air dan UPF 50
Sewa stroller Silver Cross Micro Pop di sini.

6. Silvercross Micro

  • Berat stroller: 7.8 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 0 bulan
  • Berat anak: Sampai 20 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Umbrella stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Ya
  • Fitur tambahan: Kanopi lebar dan keranjang besar

Sewa stroller Silver Cross Micro di sini

7. Baby Jogger City Tour

  • Berat stroller: 6.4 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 20 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Bisa
  • Jenis stroller: Compact stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah (dengan 1 tangan)
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Ya
  • Fitur tambahan: Kanopi UV 50+

Sewa di sini.

8. Cocolatte Pockit 2

  • Berat stroller: 4.4 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 20 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Bisa
  • Jenis stroller: Compact stroller
  • Kursi Bisa recline: Ya
  • Mudah buka tutup: Cukup mudah (perlu latihan sebelum travelling)
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Ya
  • Fitur tambahan: -

Sewa stroller Cocolatte Pockit di sini.

9. Jette Jimmy

  • Berat stroller: 4.7 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 3 bulan
  • Berat anak: Sampai 20 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Compact stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah (dengan satu tangan)
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Tidak
  • Fitur tambahan: Bisa menghadap dua arah (depan dan belakang) dengan memindahkan handle, bantalan dudukan bisa dilepas

Sewa stroller Jette Jimmy di sini

10. Easy Walker Mini Stroller

  • Berat stroller: 7 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 0 bulan
  • Berat anak: Sampai 20 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Umbrella stroller
  • Kursi Bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Tidak
  • Fitur tambahan: Bisa full recline dan kanopi besar

Sewa stroller Easy Walker Mini Stroller di sini

11. Aprica Air Ria Luxuna

  • Berat stroller: 5.3 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 0 bulan
  • Berat anak: Sampai 15 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Compact stroller
  • Kursi bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Tidak
  • Fitur tambahan: Bisa menghadap dua arah (depan dan belakang) dengan memindahkan handle, kanopi besar

Sewa stroller Aprica Air Luxuna di sini 

12. Einhill Armadillo

  • Berat stroller: 5.8 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 20 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Bisa
  • Jenis stroller: Compact stroller
  • Kursi bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Cukup mudah (perlu latihan sebelum travelling)
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Ya
  • Fitur tambahan: Bantalan duduk dan handle bar bisa dilepas

Sewa stroller Einhill Armadillo di sini

13. Micralite Superlite

  • Berat stroller: 6.2 kg
  • Bisa digunakan dari anak usia: 6 bulan
  • Berat anak: Sampai 15 kg
  • Bisa masuk kabin pesawat: Tidak
  • Jenis stroller: Compact stroller
  • Kursi bisa recline: Bisa
  • Mudah buka tutup: Mudah
  • Ada keranjang bawah: Ada
  • Dilengkapi dengan tas: Tidak
  • Fitur tambahan: Roda belakang besar sehingga manuver mudah, dapat dikendalikan dengan satu tangan

Sewa stroller Micralite Superlite di sini



January 09, 2017

0 Comments


December 11, 2016

0 Comments

Parenting ›


Tips Liburan dengan Anak

sewa mainan stroller anak

 

Hi Babyloania Moms! Kalau Anda berencana membawa si kecil berlibur, berikut tipsnya:
1. Siapkan waktu lebih. Jika Anda membuat jadwal bepergian, alokasikan waktu tambahan minimal setengah jam di setiap tempat untuk waktu mempersiapkan barang, menyusui atau ganti popok.
2. Siapkan tempat tujuan alternatif. Kalau Anda berencana ke tempat outdoor, siapkan Plan B kalau-kalau cuaca tidak memungkinkan.
3. Siapkan aktivitas di perjalanan. Siapkan beberapa aktivitas untuk dilakukan di kecil selama di perjalanan, seperti buku dan mainan.
4. Beri pijakan. Sedini mungkin, jelaskan bahwa Anda akan pergi berlibur. Jelaskan juga alat transportasi yang akan digunakan, apa yang akan Anda lihat, serta bagaimana kondisi cuacanya agar si kecil siap.

Untuk menyewa perlengkapan travel anak, klik di sini.

Selamat mempersiapkan liburan!

November 27, 2016

0 Comments


Tips Mempersiapkan Si Kecil Untuk Liburan


Hi Babyloania Moms! Sebentar lagi liburan akan tiba, yuk persiapkan si kecil dari sekarang!
1. Ajak memilih tempat berlibur. Jika Anda dapat memberikannya pilihan dengan menunjukkan gambar beberapa tempat pilihan yang akan dituju.
2. Beri pijakan waktu keberangkatan. Beri tahu pada si kecil kapan Anda akan berangkat liburan bersama, dan lakukan sedini mungkin. Setiap harinya Anda bisa menghitung mundur: "Satu bulan lagi kita akan berangkat", "Tiga hari lagi kita akan berangkat".
3. Beri pijakan kondisi. Informasikan secara detail mengenai kondisi cuaca, kondisi alam, dan apa yang akan dilihat di tempat tujuan. Anda juga bisa bercerita pada si kecil bagaimana cara mencapai tempat liburan. Si kecil pasti kan senang mempelajari berbagai mode transportasi.
4. Memilih dan mempersiapkan barang bawaan. Ajak si kecil menyiapkan keperluannya. Jelaskan juga mengapa Anda memilih untuk membawa barang-barang tersebut. Misalnya, "Kita akan membawa jaket tebal karena nanti udaranya akan dingin sekali, sehingga kita bisa tetap hangat."

Selamat mencoba! #babyloaniatips #babyloaniatravel
1 2 3 12 Next »